Aplikasi Penghemat Data Agar Irit Pengeluaran

Aplikasi Penghemat Data Agar Irit Pengeluaran – Salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap orang di zaman teknologi seperti saat ini adalah internet. Agar tetap terhubung dengan sosial media ataupun melakukan browsing untuk mencari hal-hal penting, tentu kita membutuhkan peranan internet. Aplikasi penghemat data adalah salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk irit dalam penggunaan data.

Hadirnya internet cepat dari 4G LTE ternyata tidak menjadi solusi untuk memuaskan hasrat para pengguna internet. Meskipun menawarkan koneksi internet yang lebih cepat, pengguna harus khawatir dengan pemakaian data internetnya.

Aplikasi Penghemat Data

Aplikasi Penghemat Data

Bagi anda yang punya uang lebih untuk membeli kuota mungkin tidak akan menjadi masalah, namun bagi orang yang hanya punya uang pas-pasan ini mungkin akan menjadi masalah. Apalagi jika anda cukup aktif menggunakan internet terutama menonton video yang memerlukan kuota internet cukup banyak, tidak jarang kuota bulanan yang anda beli sudah habis sebelum masa aktif kuota berakhir. Dengan kata lain, semakin cepat koneksi internet tentu akan semakin boros. Setelah berhasil mengumpulkan berbagai jenis aplikasi penghemat kuota untuk android yang terbaik.

1. Opera Mini – Web Browser Cepat

Opera Mini - Web Browser Cepat

Opera Mini karena memang browser yang dikhususkan untuk pengguna ingin memangkas penggunaan data internet. Agar dapat mengaktifkan aplikasi penghemat data di Opera Mini. Anda hanya tinggal masuk ke pengaturan browser pada bagian Data Saving Feature. Disana anda dapat memilih kualitas gambar yang ingin ditampilkan di situs-situs yang dapat dibuka agar kualitas gambar yang diinginkan dapat di perkecil sehingga data yang diperlukan juga akan otomatis menjadi lebih sedikit.

Tidak hanya itu, Opera Mini juga punya fitur yang bisa memantau penggunaan data internet. Disana anda bisa mengaktifkan Mode Extrem untuk menghemat lebih banyak data. Selain itu browser yang telah di unduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di PlayStore ini juga punya fitur untuk mendownload halaman web secara offline agar bisa Anda buka tanpa mengurangi kuota internet Anda, seperti fitur yang ada di Google Chrome.

2. Google Chrome : Cepat & Aman

Google Chrome - Cepat & Aman

Sebagian besar pengguna Android pasti menggunakan browser Google Chrome untuk menjelajahi internet. Google Chrome punya fitur yang dapat menghemat kuota. Jadi ketika anda berselancar di internet browser ini akan melakukan kompresi teks, foto, video di situs-situs yang dapat dikunjungi. Tidak perlu khawatir kualitas foto atau video di situs yang anda kunjungi menjadi berkurang karena fitur kompresi canggih yang ada di Google Chrome tidak akan mengurangi kualitasnya.

Fitur penghemat data ini dapat anda cari ke pengaturan, kemudian pilih opsi Penghemat Kuota Internet, kemudian tap toogle supaya aktif. Jika anda sudah mengaturnya seperti ini setiap kali anda mengunjungi situs-situs yang ada di internet secara otomatis Google Chrome akan mengkompresi data yang ada di situs tersebut.

Google Chrome

Tidak hanya itu, browser yang telah di unduh oleh 1 milyar lebih pengguna di PlayStore ini juga punya fitur yang bisa anda gunakan untuk mendownload halaman web agar halaman tersebut bisa dibuka secara offline tanpa data internet. Fitur ini sangat cocok untuk anda yang sering membuka halaman web tertentu berulang kali agar data internet tidak digunakan berulang-ulang. Tentunya fitur ini juga akan menghemat kuota internet yang anda miliki.

Baca Juga:Aplikasi Traveling Terbaik Untuk Liburan Anda

3. My Data Manager

My Data Manager

My Data Manager sama seperti aplikasi sebelumnya. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa melihat pemakaian data setiap harinya namun aplikasi ini menampilkan informasi yang lebih spesifik dan lengkap. Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh Mobidia Technology ini. Sekarang anda bisa melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menghabiskan kuota internet.

Terkadang ada beberapa aplikasi smartphone yang berjalan di latar belakang dan mengkonsumsi banyak kuota, tak jarang pengguna baru menyadarinya ketika kuota mereka telah habis. Anda bisa menggunakan My Data Manager untuk melacak aplikasi tersebut sehingga anda bisa segera menghentikannya. Tidak hanya itu, ketika penggunaan data anda membengkak My Data Manager agar menampilkan peringatan atau alarm, sehingga anda bisa membatasi penggunaan data sebelum data habis.

Aplikasi penghemat data diatas dapat menjadikan salah satu pilihan anda. Segera downlooad yang menurut anda lebih menguntungkan. Semoga artikel yang kami buat dapat menjadi solusi bagi anda.